Sabtu, 23 Februari 2019

Membuat Visa D-2-8 (Short Term Study) Korea Selatan

Halo!
Di postingan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai pembuatan Visa D-2-8 (Short Term Study) Korea Selatan. Pada bulan Januari lalu, saya berkesempatan untuk melakukan internship di salah satu universitas di Pohang, Korea Selatan. Pihak universitas menyarankan saya untuk membuat  visa D-2-8, maka saya pun mulai mencari informasi tentang pembuatan visa tersebut. Jika melihat website Kedutaan Besar Korea Selatan, kalian akan bingung karena tidak ada halaman khusus yang menjelaskan mengenai visa D-2-8, melainkan hanya visa D-2 saja yang informasinya tersedia. Secara umum, tidak ada perbedaan antara visa D-2 dan D-2-8 dari segi persyaratan dokumen, sehingga untuk pembuatan visa D-2-8 bisa mengikuti informasi pembuatan visa D-2.

1. Dimana pembuatan visa Korea Selatan dilakukan?
Pembuatan visa dapat dilakukan di kantor Kedutaan Besar Korea Selatan yang berlokasi di Jln. Gatot Subroto Kav. 57, Jakarta.

2. Berapa biaya pembuatan visa?
Berdasarkan website mereka, single visa untuk kunjungan di bawah 90 hari: Rp 544.000,-, sedangkan untuk kunjungan di atas 90 hari: Rp 816.000,-. 
Ketika datang ke lokasi, kamu akan dipersilakan untuk melakukan pembayaran visa terlebih dahulu di bank yang tersedia di dalam Kedutaan Besar Korea Selatan. 

3. Apa saja yang diperlukan untuk membuat Visa D-2-8?
a. Paspor asli dan fotokopi paspor
b. Formulir aplikasi visa
File dapat didowload pada halaman ini. Jangan lupa, formulir diisi terlebih dahulu dan foto telah ditempel sebelum melakukan pendaftaran pembuatan visa.
c. Certificate of Admission
Surat keterangan bahwa kamu telah diterima di sekolah yang akan kamu kunjungi. Universitas terkait akan memberikan dokumen ini untuk keperluan pembuatan visa.
d. Ijazah terakhir (fotokopi dan asli)
e. Certificate of Health 
Untuk mendapatkan visa D-2-8, dokumen ini perlu dilampirkan. Pembuatan dokumen ini hanya bisa dilakukan di beberapa rumah sakit yang ditunjuk oleh Kedutaan Besar Korea Selatan. Waktu itu saya membuatnya di RS. Santo Borromeus, Bandung. Pembuatannya dilakukan di bagian medical check up unit dan suster di sana sudah paham prosesnya, jadi kamu bisa tinggal bilang saja ingin membuat certificate of health untuk pembuatan visa Korea Selatan hehe. File dan daftar rumah sakit dapat dilihat pada halaman ini.
f. Surat Keterangan Mahasiswa (asli)
Jika kamu belum lulus kuliah, kamu perlu membuat surat keterangan masih menjadi mahasiswa di universitas tempat kamu belajar. Jangan lupa, dokumennya dalam bahasa Inggris ya.
g. Dokumen Keuangan
Untuk pelajar, kamu bisa melampirkan Rekening Koran milik orang tua.

Pembuatan visa memakan waktu 6 hari kerja. Setelah kamu selesai menyerahkan berkas kepada petugas kedutaan, kamu akan menerima kertas sebagai tanda terima yang harus kamu bawa ketika akan mengambil visa yang telah terbit. Selama menunggu visa terbit, kamu juga bisa mengecek status aplikasi visa kamu di website ini. Jangan lupa, ketika akan mengecek status, nama yang diinput nama belakang terlebih dahulu ya hehe.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar